RSS

Pasraman Calon Pinandita

06 Jul

Nampaknya masyarakat Galiukir belakangan ini sudah mulai menyadari pentingnya mendalami ajaran Agama Hindu yang diwariskan oleh para leluhur. Sebenarnya sih hal tersebut bukanlah hal baru, hal yang sama mungkin sudah dilakukan oleh beberapa orang saja orang per orang, khususnya dalam memperdalam keyakinan Hindu dengan mempelajari dari beberapa sumber buku yang tersedia. Bedanya dengan sekarang, di Galiukir sudah ada kelompok baru yang mempelajari ajaran Hindu dengan ikut dalam kegiatan Pesraman Calon Pinandita yang diakomodir oleh Ida Pandita Nabe Wiweka Nanda Tanaya di Griya Wana Kerta Wangi Juwuk Manis, Pekutatan Negara.

10

Kegiatan Pesraman ini menitik beratkan pada “Upacara” disamping juga Tatwa dan Susila. Karena kegiatan di Pesraman hanya dilakukan sekali dalam seminggu, maka untuk lebih memantapkan pelajaran yang diterima, maka Ida Nabe memutuskan untuk setiap wilayah membentuk Kelompok Belajar sendiri yang terjadwal diluar jadwal pesraman. Untuk Wilayah Galiukir diambil setiap Hari Kamis yang dilaksanakan di Bale Banjar. Kebetulan penulis ditunjuk sebagai Panitia Pelaksana kegiatan ini, maka saya dan juga salah satu anggota yaitu “Mangku Made Sandiadnya” mohon bantuan Mangku Lingsir Desa Pekraman Galiukir (Mangku Dalem) untuk membina kami selaku sisya yang baru saja mempelajari Ajaran Hindu ini.

9

Sampai saat tulisan ini dibuat, untuk wilayah Galiukir sudah ada 42 Calon Pinandita yang belajar di Pesraman ini, termasuk juga dalam kelompok ini adalah calon pinandita dari Kebonpadangan, Pajahan, Kebonjero dan juga Pujungan, dan kemungkinan dalam waktu yang akan datang jumlahnya akan bertambah terus semakin mantapnya keyakinan  ajaran Hindu yang Adi Luhung ini. Semoga.

7

Dengan adanya kelompok ini, maka bertambahlah khasanah Adat Budaya masyarakat Galiukir. Harapan penulis sebagai salah satu warga Galiukir yang juga termasuk anggota dari Kelompok ini, semoga apa yang kami lakukan ini bisa mendatangkan berkah bagi Galiukir khususnya dan Umat Hindu dimanapun berada.

Dan berikut ini foto-foto kegiatan para calon pinandita Galiukir :

1

2

3

4

5

6

8

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 6 Juli 2013 in RAGAM

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: