RSS

PENOMENA

30 Mar

Entah gerangan apa penyebabnya, dalam sebuah event Pujawali di Khayangan-kayangan di sejebag Galiukir sejak tahun-tahun belakangan ini, pemandangan yang terlihat terkadang membuat hati kita senang bahkan salut sekaligus bertanya-tanya mengapa dijaman semodern saat ini kuantitas orang “Kerawuhan” semakin hari semakin meningkat. Dan yang terkadang yang membuat pertanyaan juga, diantara sekian banyak yang kerawuhan itu, ternyata didominasi oleh kaum muda, dan yang lebih hebat lagi sebagian besar adalah kaum wanita.

penomena

Coba saja anda perhatikan gambar ini, sebagian besar mereka adalah kaum belia.

Mungkin diantara para pembaca tulisan ini ada yang bisa memberikan penjelasan yang mungkin bisa membantu rasa penasaran pembaca yang lain, dan atau penulis. Kalau ada silahkan dikomentari “Fenomena” yang terjadi saat ini, terkait dengan keyakinan kita tentang Ke_Esaan Tuhan. (Ida Sang Hyang Widhi Wasa). Apakah kejadian-kejadian yang ada selama ini, dimana fenomena kerawuhan masal di kalangan anak muda di tempat suci seperti yang sudah saya katakan di depan, menunjukkan ketebalan keyakinan mereka atau kita sebagai penganut Hindu terhadap Kekuasaan ISWW? Atau ada alasan lain yang bisa dielaborasi, sehingga hasil dari elaborasi tersebut diharapkan mampu menambah keyakinan kita terhadap Kebesaran Tuhan Yang Maha Kuasa.

Saya mohon maaf, tulisan ini bukan saya maksudkan melecehkan ataupun merendahkan kejadian-kejadian seperti yang sudah saya jelaskan tersebut,atau melecehkan oknum-oknum yang mengalami fenomena tersebut. Bahkan saya termasuk orang yang sangat yakin dan percaya akan keberadaan kekuatan Tuhan yang bisa merangsuki bhatin dan kesadaran seseorang, dan saya termasuk sangat menghormati orang yang diistilahkan “Tapakan” tersebut. Cuma saya sedikit penasaran, kenapa fenomena seperti itu belakangan ini lebih banyak terjadi dikalangan anak muda yang masih muda belia, ketimbang dimasa-masa saya masih anak-anak, hal seperti itu tidak pernah saya lihat, justru mereka-mereka yang kerawuhan tersebut di dominasi oleh kaum tua. Nah adakah diantara kalian yang bisa menjelaskan fenomena tersebut?

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 30 Maret 2013 in SOSBUD

 

Tinggalkan Balasan

 
