RSS

Upacara Pemelaspas Padma di Lapangan Umum Galoer

17 Mei

1Hari ini, Selasa 17 Mei 2011, masyarakat Galiukir melaksanakan Upacara Pemelaspas Padmasana sekaligus Pecaruan di Lapangan Umum. Sungguh hari yang sangat baik, karena pada hari ini menurut kepercayaan masyarakat Hindu merupakan hari dimana kalau tidak salah pertemuan 3 atau mungkin lebih pertemuan hari baik (rerahinan), diantaranya “Purnama, Kajeng, Kliwon”. Menurut beberapa orang waktu-waktu seperti ini sangat jarang terjadi, bagi saya (penulis) keputusan Desa Adat melaksanakan upakara dan upacara pada hari ini merupakan keputusan yang sangat tepat, dan saya merasa sangat bangga akan hal tersebut. Semoga di hari yang sangat baik ini, diiringi dengan niat suci dari seluruh komponen warga, pelaksanaan upacara mendapat restu dari Ida Sang Hyang WIdhi Wasa, sehingga pada akhirnya Beliau melimpahkan kerahayuan lan kerahajengan bagi seluruh warga Galiukir khususnya dan seluruh umat manusia pada umumnya.

3

Upacara Pemelaspas dan Pecaruan dimulai sekitar pukul 09.30 WITA yang sebelumnya secara tekhnis seluruh warga sudah ngaturang ayah jauh-jauh hari sebelum pelaksnaan dan dipuput oleh semua Jro Mangku Desa. Menurut keterangan beberapa tokoh masyarakat, upacara ini dilaksanakan dengan tujuan membersihkan/mensucikan tempat (lapangan) tersebut, di samping itu secara keyakinan Hindu, mengalihfungsikan tempat tersebut yang tadinya merupakan areal perkebunan pribadi menjadi tempat bagi warga Galiukir untuk melakukan kegiatan-kegiatan umum seperti tempat olahraga dan mungkin disuatu ketika nanti akan digunakan sebagai tempat untuk mengadakan upacara-upakara besar terkait dengan Desa Adat.Sehingga denga dilaksanakan upacara tersebut, setiap warga tidak lagi merasakan adanya ganjalan apapun dalam melakukan aktivitas di tempat tersebut.

8

Disamping upacara tersebut ditujukan untuk mengalihfungsikan areal tersebut, juga diharapkan dengan dilaksanakannya upakara dan upacara semacam ini dan dengan kekuatan magis sarana upacara dan mantram para Mangku begitu juga kekuatan doa seluruh warga maka akan tercipta keserasian alam dengan manusia sebagai penghuninya. Dengan demikian maka akan tercipta juga keserasian pola hidup dan sistem kehidupan alam semesta. Semoga.

5

Berikut ini saya perlihatkan beberapa foto kegiatan upacara pemelaspas dan pecaruan yang lainnya:

2

4

9

10

12

13

14

17

18

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 17 Mei 2011 in RAGAM

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: