RSS

Lomba Mancing di Galoer

10 Apr

Hari Minggu, 10 April 2011 salah satu Kelompok Tani Galiukir mengadakan Perlombaan Mancing. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Kelompok Tani Ikan Duren Payuk yang dipinpin oleh I Made Renek (Pan Punia). Menurut beliau, perlombaan kali ini diadakan dalam rangka membangkitkan semangat para petani, khususnya petani ikan di lingkungan Desa Kebonpadangan, dan Galiukir khususnya, sehingga kedepan, para peminat petani ikan semakin bertambah jumlahnya guna menambah penghasilannya. Lomba ini diikuti oleh sekitar 150 peserta yang tersebar di seluruh kecamatan Pupuan.

M1

Tampak dalam gambar bahwa, baik peserta maupun yang bukan peserta tampak antusias mengikuti perlombaan ini walaupun mereka harus merogoh dompet sebesar  Rp.25.000,- sebagai harga tiket peserta, sedangkan masyarakat bisa menyaksikan secara gratis.

M5

Menurut keterangan ketua panitia, bahwa lomba ini menghabiskan dana sekitar Rp. 2.000.000,- denagn rincian Rp. 1.400.000,- untuk membeli ikan sebanyak 1 kwintal dan Rp. 700.000,- sebagai Dana Motivasi para peserta dengan hitung-hitungan, Pemenang I, mendapatkan hadiah berupa uang sebesar Rp. 400.000, Pemenang II mendapatkan hadiah sebesar Rp. 200.000,- dan Pemenang III mendapatkan Rp. 100.000,-.

M7

Dari kabar yang tersiar mengatakan bahwa, hadiah yang disediakan ini memang masih tergolong kecil karena kegiatan ini baru merupakan langkah penjajagan yang pada suatu ketika nanti kalau waktu yang baik tersedia, maka tidak tertutup kemungkinan bahwa kegiatan serupa akan diadakan lagi dengan melibatkan lebih banyak peserta dan lebih banyak hadiah.

M9

Menurut pendapat penulis, kegiatan semacam ini sangat penting dilakukan secara berkala dan periodik tentunya dengan kwalitas pengelolaan yang lebih baik lagi, sehingga setelah kegiatan selesai dilaksanakan akan ada nilai tambah yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Dan hanya bukan kegiatan lomba seperti ini saja, kegiatan lomba yang lainpun sepertinya perlu juga dilaksanakan sehingga masyarakat kita semakin terbiasa untuk selalu semangat melaksanakan tugasnya sebagai petani karena apa yang mereka lakukan akan mendapatkan apresiasi dari masyarakat yang lain. Semoga.

M8

Berikut ini adalah gambar-gambar kegiatan lomba mancing :

M10

M3

M4

M6

M2

Iklan
 
8 Komentar

Ditulis oleh pada 10 April 2011 in RAGAM

 

8 responses to “Lomba Mancing di Galoer

  1. Nyoman Suartawan

    12 April 2011 at 06.42

    Lomba-lomba seperti ini, saya rasa sangat perlu untuk dilakukan, selain untuk meningkatkan semangat kekeluargaan, juga dapat meningkatkan semangat untuk menciptakan sebuah peluang baru dalam mendapatkan penghasilan, Kita tidak akan bisa terus-menerus mengharapkan hasil dari usaha perkebunan, karena tidak akan selama lamanya dapat menunjang kehidupan kita, pasti ada juga saat-saat cuaca buruk, hama, dll yang menghambat penghasilan dari hasil perkebunan seperti yang dirasakan oleh masyarakat Galiukir saat ini, sebetulnya apapun usaha nya tetap ada resiko yang harus ditanggung. jika kita mau membuka diri terhadap perubahan, bersipat positif terhadap perubahan, dan mempelajari perubahan itu sendiri ada ratusan peluang yang bisa kita dapatkan, dan saat ini pun peluang itu selalu muncul, hanya saja pandangan negatif kita membutakan mata hati kita untuk menangkap peluang itu. Usaha pemeliharaan ikan ini Saya acungi dua Jempol, dalam menggali usaha-usaha baru. Masyarakat Galiukir hendaknya bisa meniru semangat Made Renek (Pan Punia) ini. Banyak hal yang bisa digali, banyak hal yang bisa dikembangkan. banyak orang dengan kemampuan diatas rata-rata yang mempunyai keterampilan khusus yang bisa membuat peluang baru, Hanya saja kurangya Wadah untuk mengorganisasikan keterampilan-keterampilan tersebut, dan sedikit menegement untuk mengelola organisasi tersebut. dengan ilmu marketing yang tepat Saya yaki Desa Galiukir akan jadi No.1 paling ngak di Tabanan lah!!

    Usaha apapun itu, baik komunitas bloger, dagang keripik, dagang tape, dagang kopi bubuk dll. tetap memerlukan yang namanya wadah, management dan marketing!

    Jika ada warga Galiukir yang ingin mengembangkan usaha kreatifnya untuk maju, seperti pecinta tanaman hias atau hoby-hoby lainya, Saya sangat mendukung dan siap membantu dalam bidang marketing dan management!

    Jika kita mengerjakan hal yang kita senangi, maka kita akan seperti di gaji untuk bermain! temukan apapun yang kita senangi dimana kita rela membayar untuk melakukan hal itu! itula Passion Kita.

     
    • Nyoman Wiastra

      14 April 2011 at 18.50

      Setuju sekali mang dengan ide mang di atas, memang rata-rata para petani di Galiukir belum begitu faham dengan managemen standar untuk masing-masing bidang usaha yang mereka tekuni…, mudah-mudahan ke depan para pembaca blog ini, terutama warga Galoer akan bangkit semangatnya untuk mendalami dan mempelajari managemen mereka terutama dalam bidang usaha yang memang mereka senangi sehingga betul-betul bisa meningkatkan penghasilan mereka dan tidak terlalu tergantung dengan hasil perkebunanan.

       
    • ketut puja arta

      15 April 2011 at 02.48

      Sangat setuju,,, mari kita bangun bersama desa kita yang tercinta ini,,,,, ya saat ini masyarakat galiukir harus berpindah haluan jika pengen merubah nasib,,,Misalnya dengan berternak, atau berkebun pensuplay sayur mayur yang good quality tentunya

       
      • Nyoman Wiastra

        15 April 2011 at 19.57

        Bagus Tut, ide bagus… mari kita sama-sama sumbangkan hal yang terbaik utuk masyarakat kita… sekecil apapun itu, yang penting memberikan nilai tambah untuk saudara-saudara kita.

         
  2. Mekele Made

    20 April 2011 at 12.57

    Saluut…,wlo hanya kelompok kecil namun dah mau bergerak,maka akan membuahkan suatu hasil yang baik,Saya sempat dengar saat ini dah tambah rutin kegiatannya dan pengunjung ke lokasi pemancingan terus berjalan jadi otomatis menambah pendapatan bagi pengelola dan penghobi mancing tersalurkan bakatnya..Semoga lagi ada muncul ide kreatif dari kelompok2 lain di sektor yang lain pula..Yang jelas …siapa lagi yang mampu membuat bangkit klo ndak dari kita2 sendiri..Jangan hanya menunggu uluran dan bantuan saja ..wlo dalam situasi sulit saat ini..sekali lagi trim buat mereka …Dan sayang nya saya nggak bisa ikutan mancing saat itu ..ada acara keluar.. padahal itu adalah hoby utama…

     
    • Nyoman Wiastra

      21 April 2011 at 17.27

      Tyang juga setuju dengan ide Jro Mekel… kalau bisa kegiatan serupa semakin gencar dilaksanakan.

       
  3. Nyoman Suartawan

    27 April 2011 at 15.41

    Ngih, coba tuliskan ide kreatif untuk menciptakan peluang usaha baru, nanti tiang bantu cara pemasaranya. saat ini saya juga membantu maketing album ke 6 nanoeBiroe INTERBALINESIA untuk launching 6 Nov 2011 dengan target lebih dari 1000 Copy dalam 1 hari, malam lounchingnya. tanpa takut pembajkan yang menjadi momok musisi Bali saat ini.

     
    • Nyoman Wiastra

      27 April 2011 at 16.01

      Oo mang jani ada biin kelompok peternak ikan yang mencoba usaha pengembangan ikan lele, yaitu Kelompok Lantang Semu… pembukaannya mulai tanggal 26 Aprpil 2011 kemarin, coba ada ide kreatif sing man untuk menambah penghasilan masyarakat.

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: