RSS

Aktifitas Masyarakat Desa Dinas Kebonpadangan

29 Mar

Desa Kebonpadangan terdiri dari 5 Banjar Dinas, diantaranya adalah Kebon Kaja, Kebon Kelod, Baletimbang, Galiukir Kaja dan Galiukir Kelod, dimana secara keseluruhan jumlah Kepala Keluarga yang ada di Desa ini berkisar 797 KK (menurut Data Desa Kebonpadangan bulan Januari 2011),dengan jumlah jiwa sekitar 2690 orang. Dari sekian jiwa, sebagian besar berprofesi sebagai Petani. Disamping sebagai petani kebun dan sawah, ada beberapa orang yang juga memelihara hewan ternak.

Pembuatan Jalan Subak

Di Desa ini juga terdapat beberapa kelompok tani, dan peternak yang mereka gunakan sebagai aktivitas tambahan. Tidak jarang dari kelompok-kelompok tersebut mengadakan kerja bakti untuk memperlancar arus tranportasi hasil pertanian, seperti pembuatan jalan-jalan baru menuju ke kebun milik kelompok-kelompok tersebut (seperti terlihat dalam gambar di atas). Disamping itu, ada beberapa potensi lain yang dimiliki oleh Desa ini, ambil saja contoh ada beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi oleh pendatang yang dimiliki oleh salah satu Banjar Dinas dalam lingkungan Desa, seperti air terjun dan sumber air panas yang terdapat di Banjar Dinas Galiukir (seperti yang tampak dalam gambar di bawah).

Balita

Masyarakat Kebonpadangan bersama dengan jajaran Pemerintahan Desa, sering melakukan Bakti Sosial guna menanggulangi penyakit menular dan meningkatkan mutu hidup masyarakat Desa itu sendiri, seperti dengan melaksanakan Eliminasi Anjing guna pencegahan penyebaran penyakit Rabies, dan juga Fogging untuk pencegahan penyakit Demam Berdarah dan Cikungunya. Dan para ibu-ibu juga sering mengajak balita mereka untuk mendapatkan imunisasi di Bale Banjar (Posyandu).

Yeh Mesi

Disamping kelompok Tani, Desa juga memiliki Kelompok Seni seperti Seka Gong Wanita, Seka Shanti, Seka Rindik, Seka Teruna dan Karang Taruna. Keseluruhan Seka (Kelompok) tersebut sangat sering melakukan kegiatan-kegiatan dalam rangka menunjang program pemerintah untuk mewujudkan “Ajeg Bali” yang memang juga menjadi harapan dari masyarakat Desa khususnya dan masyarakat Bali pada umumnya.

Fogging 2

Dibawah ini saya tampilkan beberapa gambar lain dari potensi yang dimiliki oleh Desa Kebonpadangan (Galiukir khususnya).

Fogging 1

Fogging di salah satu rumah penduduk

Sapi

Pengembangan Peternakan Sapi

Anggur 1

Kebun Markisa milik salah satu warga

Anggur 2

Perawatan kebun Markisa

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 29 Maret 2011 in PROFILE

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: