RSS

PETERNAKAN

13 Mar

bebek 1Salah satu Potensi lain yang dimiliki oleh Desa Pekraman Galiukir adalah Peternakan. Bidang kehidupan yang satu ini, saat ini sedang dikembangkan kembali oleh beberapa kelompok masyarakat Galiukir. Disamping peternakan ayam yang memang dari dulu sudah ada, dan selalu mengalami perkembangan tetapi untuk peternakan jenis ini memang sering mendapat kenadala. Kendala yang paling banyak dihadapi oleh para peternak ayam adalah, penyakit kronis ayam yang juga sudah ada sejak ayam itu ada. Penyakit ayam ini memang sangat sulit untuk diberantas, oleh karena itulah maka beberapa peternak terkadang melaksanakan kegiatan peternakan ini menjadi tidak konsisten. Disamping itu, permodalan juga menjadi kendala bagi beberapa kelompok masyarakat peternak ayam. Ayam yang dikembangkanpun, selama ini masih ayam kampung yang notabene juga hanya untuk keperluan dan kepentingan Upacara Agama. Di Galiukir memang belum ada yang mengembangkan peternakan ayam secara besar-besaran, baik itu ayam kampung (yang selama ini masih mendominasi), maupun ayam Broiler yang nota bene untuk pemasarannya jauh lebih gampang.

bebek 2Dalam beberapa hari belakangan, ada sekelompok kecil masyarakat Galiukir yang mau mengembangkan Peternakan Bebek, namun sayang hal ini belum tersosialisasikan secara meluas di masyarakat. Melalu tulisan inilah saya mencoba memberikan beberapa point penting yang perlu diketahui oleh para pembaca mengenai peternakan ini. Sebelumnya saya mohon maaf, karena informasi ini baru sepintas, dan sumber dari informasi ini berasal dari saudara Galoer kita yang bernama I Ketut Puja Artha. Semoga di lain kesempatan beliau bisa memberikan penjelasan yang lebih rinci tentang peternakan Bebek ini, dan ketika itulah maka tulisan ini akan saya Update lagi.

Inilah beberapa point penting yang bisa saya tampilkan dari keterangan Ketut Puja, silahkan direnungkan, mungkin ada diantara warga Galoer yang tertarik dengan penjelasan ini :
1 Ternak BEBEK, ini sangat punya potensi yang luar biasa untuk dikembangkan dan keuntungannya bisa 200% dari modal
2 Pemasaran BEBEK sangat gampang, hampri di semua kabupaten membutuhkan bebek apalagi yang jualan LALAPAN di pinggir pinggir jalan diseputaran BADUNG dan DENPASAR
3 Faktanya Di desa kita belum ada yang mengembangkannya ( ada tetapi ala kadarnya )
4 Hanya butuh modal Rp 1.000.000 sudah bisa mulai belajar berternak 9 ini sudah pernah dicoba oleh keluarga tiyang )
5 Iklim ( SUHU, CUACA ) di desa kita sangat bagus untuk beternak

Demikian, semoga informasi ini ada manfaatnya bagi teman-teman pembaca umumnya dan warga Galoer khususnya yang ingin mencoba untuk memperluas Jendea Usahanya.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 13 Maret 2011 in PRODUCT

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: