RSS

CHIPS ALAMI KHAS GALIUKIR

03 Des

Belakangan ini, ada satu kelompok tani yang melakukan aktivitas dan kreativitas yang bertujuan untuk meningkatkan penghasilan dan pendapatan keluarga mereka di tengah himpitan ekonomi. Salah satu kreativitas yang mereka lakukan adalah dengan memproduksi makanan kecil (snack) yang dibuat dari berbagai hasil perkebunan mereka seperti; buah salak, pisang, kelapa, ubi kayu (singkong), dll.

Dalam tulisan ini, saya akan menampilkan salah satu dari pembuatan produk tersebut, yaitu Chips yang berbahan “Singkong” (Ubi Kayu). Chips yang dibuat oleh salah satu anggota kelompok tani ini merupakan makanan kecil/camilan yang sangat alami, mengapa, karena Chips ini dibuat dari bahan-bahan hasil perkebunan petani Galiukir, dan dalam proses pembuatannya mereka tidak menggunakan bahan penyedap, tanpa pengawet dan juga tanpa pewarna. Dalam gambar di bawah akan diperlihatkan mulai dari pengupasan umbi, sampai dengan Chips setengah jadi (siap untuk di goreng).

1. Ubi di kupas seperti terlihat dalam gambar. (Ini adalah untuk 3 kg bahan mentah).

Singkong

2. Setelah di kupas, kemudian dirajang (cacah) seperti dalam gambar.

Singkong diracah

3. Setelah terrajang menjadi bagian-bagian kecil kemudian diulek hingga halus, seperti gambar di bawah.

Singkong sudah diulek

4. Langkah selanjutnya adalah menjadikan bahan yg sudah dihaluskan tersebut manjadi lembaran-lembaran tipis seperti terlihat dalam beberapa gambar di bawah ini.Alas yang digunakan untuk mebuat lembaran tersebut adalah plastik tipis transparan yang banyak bisa anda jumpai di warung terdekat.

Singkong digilas rata

Singkong digilas rata dan tipis

5. Lalu, lembaran-lembaran tipis tersebut dipotong-potong membentuk persegi empat yang teratur dengan besaran yang disesuaikan.

Hasil gilasan yg tipis dipotong-potong

6. Lembaran-lembaran yg sudah terpotong-potong tersebut, karena masih basah maka ia akan tetap melekat di atas plastik transparan yg digunakan sebaga alas tersebut. Setelah potongan-potongan yang masih terangkai dengan plastik tersebut selesai di buat, maka berikutnya adalah proses penjemuran dilakukan.

Penjemuran

7. Jemurlah bahan Chips tadi beberapa saat, sampai kering, seperti terlihat dalam gambar berikut.

Hasil jemuran bahan chips

Inilah bahan Chips Singkong Khas Galiukir yang sudah siap digoreng dan dibungkus ataupun dimakan sebagai camilan.

Nah dalam update tulisan saya yang akan datang, akan saya cantumkan produk yang sudah siap dipasarkan. Menurut pembuat dari Chips ini, ada kendala yang dihadapi mereka dalam mengembangkan makanan kecil ini, yaitu masalah Pemasaran. Mudah-mudahan dengan posting tulisan ini, ada pembaca yang mempunyai informasi tentang pemasaran yang pas untuk hasil kreativitas warga Galiukir ini, saya mohon informasinya dan kirimkan saran ke alamat Blog ini, atau e_mail ke wiastranyoman@yahoo.co.id. Terimakasih.

Iklan
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 3 Desember 2010 in PRODUCT

 

2 responses to “CHIPS ALAMI KHAS GALIUKIR

  1. puja arta

    10 Maret 2011 at 19.40

    wah siapa yang buat ne pak nyoman? ada contohnya tidak yang sudah jadi?

     
    • Nyoman Wiastra

      13 Maret 2011 at 06.58

      Yang membuat ini adalah Pan Tomas (Nyoman Astawa)… contohnya ada.. silahkan hubungi aja pembuatnya…terimakasih komentarnya!

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: