RSS

Pura Dayang Sari

03 Apr

Dari sisi dalam Pura Dayang

Sabtu, Tolu tanggal 3 April 2010 merupakan hari Pemelaspas Pura Dayang Sari yang pembangunanannya sudah dirampungkan b eberapa minggu yang lalu. Proyek pembangunan pura ini merupakan proyek rehab total dari bangunan lama yang kondisi fisiknya sudah tidak bagus lagi. Masyarakat Galiukir sangat bersyukur karena sudah mampu lagi merampungkan pembangunan salah satu pura milik desa adat dan disungsung oleh semua golongan masyarakat adat.Pyasan Baru

Menurut informasi yang saya terima bahwa usia dari pura ini hampir sama dengan usia pura Batur yang ada di Pusat Desa. Upacara pemelaspas kali ini akan berlanjut dengan Upacara Piodalan, yang merupakan kelanjutan dari Piodalan yang berlangsung di Pura Batur beberapa hari sebelumnya, dan hal ini merupakan kegiatan yang berlangsung sejak lama. Seingat saya, upacara piodalan di Batur selalu dilanjutkan dengan piodalan di Pura Dayang Sari ini. Menurut pemikiran saya, mungkin inilah yang dijadikan pedoman bahwa pembangunan ataupun penemuan (menurut informasi penemuan sebagian pura biasanya pada tahap pertama itu adalah penemuan berupa bebaturan) pura ini waktunya berdekatan dengan pura Batur, makanya setiap piodalan di Pura Batur akan dilanjutkan dengan piodalan di Pura Dayang Sari. Mungkin!, ini baru analisa saya, untuk informasi yang lebih mendekati akan saya update terus tulisan ini pada waktu-waktu yang akan datang.

Dan ini adalah Bebaturan yang sangat disucikan. Bebaturan inilah yang menjadi tonggak penemuan lokasi Pura untuk pertama kalinya. Sama dengan penemuan Bebaturan yang sekarang dijadikan Pura Batur di Pusat Desa Pekraman.

Bebaturan yang sangat disucikan oleh Krama Desa

Iklan
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 3 April 2010 in SOSBUD

 

Tag:

2 responses to “Pura Dayang Sari

  1. bertha

    4 April 2010 at 11.25

    suksama po u/infonya…sgt berharga buat kita2 yang tidak berada di kampung…

     
  2. Nyoman Wiastra

    5 April 2010 at 03.01

    Terimakasi komentarnya…, tapi berikan saya masukan-masukan dan ide-ide bagus untuk memperkaya tulisan saya di blog ini.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: