RSS

Tukar Lahan Tanah Adat Dalam Rangka Pembuatan Lapangan Desa Adat Galiukir …?

27 Mar
Lahan yang rencananya dijadikan Lapangan Umum

Lahan yang rencananya dijadikan Lapangan Umum

Beberapa bulan yang lalu, masyarakat dan seluruh staf Adat Desa Pekraman Galiukir telah mengadakan kesepakan bersama untuk menukar lahan milik Desa Adat yang ada di daerah “Pangkung Asah” dengan lahan miliki salah satu warga yang berada dekat dengan pemukiman warga, yaitu tepatnya di sebelah selatan Pura Dalem Galiukir. Pertukaran tersebut dilakukan dengan maksud memudahkan warga desa untuk membangun sarana dan prasana fisik yang terkait langsung dengan kepentingan Desa Adat Pekraman. Salah satu isu penting dari maksud dan tujuan tersebut adalah, adanya rencana warga masyarakat untuk membangun sarana lapangan umum, karena selama ini masyarakat Galiukir yang berjumlah sekitar 550 KK ini tidak memiliki sarana tersebut. Melalui kesepakatan yang begitu alotnya, akhirnya warga desa memutuskan untuk menukar lahannya yang telah diungkapkan di atas. Tapi saya(penulis) minta maaf kepada para pembaca karena belum mendapatkan informasi yang pas tentang tekhnis penukaran tersebut, termasuk informasi luas lahan yang ditukar… begitu juga dengan luas lahan yang didapat…, dalam gambar adalah lahan yang rencananya akan dijadikan lapangan umum milik Desa Pekraman, gambar ini diambil pada saat Bupati Tabanan mengadakan kunjungan ke Galiukir beberapa waktu yang lalu sambil memanen manggis bersama beberapa staf dan Kadis beberapa Departemen.

Beberapa waktu yang lalu, warga Galiukir secara keseluruhan dan secara bergiliran per “Banjar Adat” mengadakan gotong royong (ngaturang ayah) untuk mengolah lahan yang didapatkan dari hasil penukaran tersebut. Maksud dari gotong royong itu adalah untuk menjadikan lahan tersebut menjadi datar, agar memudahkan nanti untuk menjadikannya sebuah lapangan, dengan harapan lapangan ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan-kepentingan Desa Adat secara umum, seperti untuk kepentingan olahraga atau kepentingan yang terkait dengan Upacara Yadnya seperti Upacara Pitra Yadnya, dll.  Bahkan untuk melancarkan pengerjaannya, kami juga warga masyarakat dikenai dana punia sebesar Rp. 30.000,- per KK. Belakangan ini beredar isu (sumber informasi belum jelas) bahwa pemanfaatan lahan tersebut tidak seperti rencana awal, menurut informasi yang penulis dengar, bahwa lahan tersebut akan dijadikan sebagai tempat untuk pembangunan “Balai Serba Guna”, dan kemungkinan untuk tempat membangun Gedung Taman Kanak-kanak, dll. Sekali lagi ini baru isu yang kebenarannya belum pasti. Kalau rencana ini tidak disosialisasikan ke warga denga benar, penulis takut hal ini akan menimbulkan “pro-kontra” yang sangat tajam, … dan kalau pro-kontra ini dibiarkan begitu saja, tidak ada solusi untuk meminimalisir kesenjangan ini, tidak tertutup kemungkinan sikap warga akan menjadi Apatis terhadap rencana kerja Desa Adat ke depan. Kalau saja saya (sebagai salah satu warga) boleh ikut rembug dan menyampaikan pendapat… sebaiknya perubahan rencana ini disosilaisasikan dulu ke masyarakat secara menyeluruh, baru kemudian diputuskan apakah itu mau seperti rencana awal, atau kita manfaatkan lahan tersebut untuk pembangunan – Notabene – Gedung Serbaguna. Terakhir saya berharap mudah-mudahan para pengambil kebijakan di Desa Pekraman Galiukir memperhatikan dan menindak lanjuti isu yang sedang beredar ini, sehingga bisa menghasilkan keputusan yang memang berpihak kepada kepentingan Warga secara menyeluruh.

Lahan dari sudut yang lainDan dalam gambar berikut ini saya tampilkan lahan yang rencanannya dijadikan Lapangan Umum dari sudut yang lain. Gambar ini saya ambil ketika Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan yaitu pasangan “Eka-Jaya” sedang berkunjung mengikuti Bupati Adi Wiryatama ke Galiukir beberapa bulan yang lalu.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 27 Maret 2010 in RAGAM

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: