RSS

PERAYAAN NYEPI CAKA 1932 DI GALIUKIR

15 Mar

Senen, 15 Maret 2010 pagi masyarakat Galiukir sudah mulai menyibukkan diri untuk mempersiapkan perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1932. Sebenarnya persiapan ini sudah dilakukan sejak beberapa hari yang lalu, baik di lingkungan Merajan masing masing, ataupun di Pura Khayangan Tiga Desa Pekraman. Bahkan, anak muda Galiukir semuanya sudah bertindak sejak sekitar tiga minggu yang lalu, baik anak muda yang ada di perantauan maupun yang berada di lingkungan Desa Pekraman, mereka bahu membahu mempersiapkan semuanya demi meriahnya perayaan Hari Raya ini, terutama kemeriahan ini akan ditunjukkan pada hari Senen 15 Maret ini – sehari sebelum Hari Nyepi yang jatuh keesokan hari, yaitu Selasa 16 Maret 2010. Sehari sebelum Hari Raya Nyepi in lebih dikenal dengan Pangerupukan, di mana pada hari ini semua Umat Hindu di Indonesia tak lepas juga yang berada di Desa Pekraman Galiukir mengadakan upacara yang biasa disebut dengan Upacara Tawur Kesanga.

Sebelum Upacara Tawur Agung Kesanga yang rencananya dimulai pukul 13.00 WITA, bertempat di Pura Batur(Desa), semua warga khususnya Staf masing-masing Merajan mengadakan Upacara Nuntun kembali Pratima-pratima dan Ida Bhatara yang di Sucikan pada hari sebelumnya. Namun sebeleum acara nuntun kembali ke Merajan masing-masing, semua warga tadi mengadakan persembahyangan bersama yang dipinpin langsung oleh Jro Mangku Gede/Desa.

Nampak juga dalam gambar Jro Bendesa Adat dan para stafnya ikut mendampingi Jro Mangku Dalem, dalam kesempatan itu beliau memberikan pewarah-warah tentang pelaksanaan Upacara Pecaruan yang akan diadakan di siang harinya. Sekaligus juga memberikan penjelasan tekhnis pelaksanaan Upacara dan kelanjutan dari upacara tersebut termasuk acara pengarakan ogoh-ogoh yang dilakukan oleh para pemuda dan anak-anak.

Pura

Pura Puseh

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15 Maret 2010 in SOSBUD

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: