RSS

PERKEBUNAN KOPI

25 Feb

Kopi merupakan produk unggulan perkebunan di wilayah Desa Pekraman Galiukir. Rata-rata per KK yang memiliki lahan perkebunan menanam Kopi sebagai komuditas dan penghasilan penduduk utama. Jenis dan klon kopi yang ditanam beragam, mulai dari BP, dll. Secara umum jenis kopi yang ditanam adalah Robusta yang sudah dimodifikasi yaitu dengan cara di-stek sehingga pohon menjadi tidak terlalu tinggi. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menambah produksi per panennya. Seperti yang bisa anda lihat dalam gambar, pohon kopi ini berusia antara 6-8 tahun dan pada saat gambar ini diambil, buah kopi sudah mulai menua dan akan siap dipanen sekitar bulan Agustus sampai dengan Oktober 2010 ini. Dalam usianya tersebut, diperkirakan bahwa kebon kopi ini pada bulan yang telah disebutkan tadi merupakan panen yang ke dua kalinya. Kopi jenis ini, masa efektif menghasilkan buah adalah pada usia 10 sampai dengan 20 tahun. Dan usia maksimal dari pohon kopi jenis ini adalah 30 tahun lebih, tergantung cara perawatan dan pemeliharaan pohon oleh petani pemilik kebun tersebut.

Seperti yang terlihat dalam gambar, di sekitar tanaman kopi banyak terdapat jenis tanaman yang lain seperti gamal, dapdap, pohon kelapa, dan coklat (cacao). Semua jenis tanaman ini difungsikan sebagai pohon pelindung daripada tanaman kopi tersebut. Walaupun seperti tanaman coklat tersebut sebenarnya juga merupakan salah satu tanaman produksi unggulan, tapi dalam kasus lahan milik petani dalam gambar ini, coklat tersebut difungsikan sebagai pohon pelindung, begitu juga dengan kelapa. Masih ada banyak lagi jenis tanaman lain yang bisanya digunakan sebagai pohon pelindung seperti berbagai jenis kayu keras yang bisa digunakan sebagai bahan bangunan seperti, kajimas, gempinis (sejenis kajimas) dan lain-lain. Dalam tulisan ini, saya belum bisa menampilkan jenis tanaman kayu tersebut. Mungkin nanti dalam tulisan saya yang lain saya akan berusaha menampilkan gambar dari sebuah lahan perkebunan yang memiliki pohon pelindung dari berbagai jenis kayu produksi yang bisa digunakan untuk bangunan perumahan dan lain-lain.

Dalam gambar berikut ini saya tampilkan gambar Kopi jenis BP yang paling banyak di tanam di kampung kami. Gambar ini sengaja saya ambil dari dekat, sehingga tidak tampak jelas ketinggian pohon yang sebenarnya sudah dimodif dimana aslinya pohon bawah yang disetek tersebut merupakan pohon kopi dari jenis yang lain yang kemudian disambung dengan jenis kopi BP. Dalam satu pohon kopi tersebut, bisa saja memiliki cabang yang diambil dari jenis yang lain, dan dimungkinkan disambung dengan jenis dan klon kopi yang beragam. Hal tersebut dimungkinkan dengan maksud untuk menambah produktivitas tanaman, karena dengan menyambung  cabang dari berbagai jenis bisa memudahkan tanaman untuk mengadakan perkawinan silang sehingga hasil yang diinginkan menjadi bervariasi.

Iklan
 
3 Komentar

Ditulis oleh pada 25 Februari 2010 in PRODUCT

 

3 responses to “PERKEBUNAN KOPI

  1. molinbangunan

    25 Februari 2010 at 07.12

    Menarik sekali tulisan kebun kopi apalagi di sekitar tanaman pohon kopi kita tanam kayu kajimas ya untuk peneduh pohon kopi. Kayu kajimas cepat besar kurang lebih 10 th udah bisa ditebang
    update terus ya blognya

    Salam
    http://iklanbaris-gratis.org

     
  2. Yen Emy

    30 Maret 2014 at 21.28

    bolehkah saya tau ada berapa jenis kopi yang ditanam disana dan jenis kopi apa yang paling digemari ?…..biji kopi yang berkwalitas baik itu ditentukan oleh jenis kopi atau masa panen yang tepat ?…terimakasih sebelumnya.

     
    • Nyoman Wiastra

      19 Februari 2015 at 14.42

      Ada banyak jenis kopi yang di tanam di Galiukr, secara garis besar Kopi yang termasuk dalam Keluarga Robusta dengan berbagai Klone… tepatnya Pak Pekaseh yang tahu, akan saya coba tanya beliau, lain kali saya ungkap di sini… Termakasih.

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: