RSS

Details

15 Feb

Desa Pekraman Galiukir merupakan sebuah Desa Pekraman yang letaknya paling ujung Kecamatan Pupuan. Desa ini termasuk tempat yang sulit dijangkau oleh angkutan umum, karena disamping lokasinya paling ujung, juga paling pojok. Tapi walaupun demikian, bukan berarti Desa

Pekraman Galiukir termasuk Desa Tertinggal, sebab angkutan pribadi seperti sepeda motor dan mobil pribadi masih gampang menjangkau daerah ini. Hal tersebut bisa dilihat dari intensitas tranposrtasi yang menuju ke dan balik dari Desa Pekraman Galiukir sangatlah tinggi. Menurut informasi yang ada (dari sesepuh Desa), bahwa desa ini termasuk dalam Desa Tua dalam Babad di Bali, yang termasuk di dalamnya adalah Desa Pajahan, Bantiran dan lain-lain.

Jumlah Penduduk Desa Pekraman Galiukir, menurut data dari Bendesa Adat Galiukir saat ini sekitar 550 KK, namun sekitar 25% dari jumlah tersebut tinggal di luar Desa Pekraman. Sedangkan profesi dari penduduknya, sebagian besar adalah Petani Penggarap, dan yang lainnya memiliki profesi yang bermacam-macam mulai dari PNS, Buruh, Wiraswasta, bahkan ada yang menjadi TKI di luar negeri (Kapal Pesiar, Hotel, Restaurant, dll). Dilihat dari tatanan kehidupan penduduk, baik dari segi kehidupan sosial, ekonomi dan budaya_nya, Galiukir termasuk Desa Adat yang berpenduduk “Hitrogen’. Hal itu bisa juga dibuktikan dari banyaknya ada kelompok-kelompok profesi dan kelompok seni yang ada di desa ini, mulai dari Kelompok Tani, Kelompok Seni & Budaya, Koperasi dan bahkan ada yang dikenal dengan ‘Seke Demen’. Ke-hitrogenan dari penduduknya juga terlihat dari Strata Sosial (Kasta/Warna/Marga) penduduk sangatlah lengkap, mulai dari “Ida Bagus sampai dengan Sudra’, dan termasuk dari faham keagamaanpun beragam, walaupun mayoritas adalah penganut Hindu yang setia dan taat.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15 Februari 2010 in PROFILE

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: