RSS

Lokasi

14 Feb

Desa Pekraman Galiukir Terletak di sisi barat Gunung Batukaru, tepatnya masuk wilayah Desa Kebonpadangan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali. Kalau anda berangkat dari Kota Tabanan, arah yang anda harus tempuh adalah arah barat melewati Bajra, kemudian mengambil jalur Kanan pada persimpangan Antosari. Dengan jarak kurang lebih 25 km dari pertigaan Antosari ke Utara, maka anda akan sampai di pertigaan Desa Batungsel (Bangsing), ambil arah kiri sekitar 7 km ke selatan, maka sampailah di Desa Kami.Sisi Timur Desa Pekraman Galiukir

Sepanjang jalan dari Antosari sampai dengan di Desa Galiukir, maka anda akan tidak akan pernah merasa bosan untuk menyaksikan pemandangan-pemandangan alam yang begitu memukau. Situasi alam yang masih asli, udara pegunungan yang menyejukan, dan juga penuh dengan kejutan-kejutan panorama yang mengesankan akan anda dapatkan sepanjang perjalanan. Dan begitu sampai di Desa Pekraman Galiukir, anda akan disambut juga dengan keramah-tamahan penduduk desa, dan juga keramahan lingkungan alam yang ada.

Seperti gambar yang anda saksikan di samping ini, Desa Pekraman Galiukir dikelilingi oleh Bukit-bukit kecil yang ditanami berbagai macam tanaman pertanian, seperti kopi, cacao, kelapa, pisang, manggis, durian, dan lain-lain. Spanjang mata memandang, yang tampak adalah pohon-pohon, dan juga kayu yang bisa digunakan untuk bangunan dan jenis pohon yang lain.

Sedangkan gambar di samping, adalah pemandangan alam yang bisa dijumpai sebelum sampai di galiukir. Sungguh menakjubkan hati, dan akan membuat hati terasa nyaman dan fikiran yang melayang tentang keindahan yang hakiki.

Sedangkan dalam gambar berikut ini bisa anda saksikan Pemandangan Galiukir dari beberapa sudut Desa, untuk sementara mungkin baru dari sisi sebelah utara atau dari sisi awal anda memasuki wilayah Galiukir. Hanya suatu kebetulan pada saat pengambilan gambar, cuaca di langit Desa sangat cerah sehingga nampaklah view alam yang begitu mempesona. Kalau diperhatikan lebih lanjut bahwa di sisi kiri kanan jalan, para penduduk juga menanam berbagai macam tanaman hias untuk mempercantik wajah Desa. Memang walaupun Penduduk di Desa Pekraman Galiukir sebagian besar adalah Petani Penggarap, tapi tidak jarang juga mereka menyempatkan diri untuk menanam tanaman hias seperti berbagai macam jenis bunga, parigata, bonsai dan lain-lain.

Sedangkan dalam gambar berikut ini sengaja saya perlihatkan gambar kondisi perumahan penduduk Desa Pekraman Galiukir. Walaupun Daerah kami terletak di paling ujung dan paling pojok Wilayah Kabupaten Tabanan, tapi kami masih mempunyai kemampuan untujk mengadakan model perumahan yang tidak kalah dengan model yang dimiliki oleh saudara-saudara kami di daerah perkotaan. Saya tidak tahu persis mengapa hal itu bisa terjadi, tapi menurut pandangan saya hal itu dimungkinkan karena pendapatan per kapita dari hasil pertanian di sini tidaklah terlalu mengecewakan, sehingga ada banyak petani yang mampu menyisihkan dananya untuk mengadakan Papan yang layak huni sesuai dengan perkembangan jaman.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 14 Februari 2010 in PROFILE

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: